Home Nasional Hukum DKPP Persilahkan KPK Turun Tangan Sikat Kejahatan Pemilu

DKPP Persilahkan KPK Turun Tangan Sikat Kejahatan Pemilu

0

KPKgedungPOROSNEWS. COM – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyambut baik usulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta diberikan kewenangan untuk menangani kejahatan dan pidana  pemilu.

“Saya rasa usulan itu bagus sepanjang menyangkut korupsi. Yang merupakan kewenangan KPK. Tetapi, pilih-pilihlah yang besar-besar yang minimal satu miliar ke atas,” ujar Jimly saat ditemui di kediamannya, Pondok Labu, Jakarta, Rabu (8/4).

Jimly menambahkan, dengan mendapat kewenangan tersebut mudah-mudahan penyidik KPK sanggup mengusutnya. Sebab, dalam prakteknya money politik dalam nominal yang sangat kecil.

“Jadi Mudah-mudahan KPK sanggup melakukan itu,” tambah Jimly.

Selain itu, Jimly menambahkan jika salah satu putranya terjun dalam dunia politik dengan menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra.

“Iya, nama anak saya Robbi Ferliyansyah. Dia caleg Nomor urut 6 dapil DKI Jakarta dari partai Gerindra,” tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menyatakan, pihaknya berharap memiliki kewenangan untuk mengusut dugaan kejahatan pemilu.

Pasalnya, berdasarkan lembaga sejenis KPK di Amerika Serikat, yakni Public Integrity Section (PIN) telah memiliki kewenangan untuk itu.

“Pesannya, kalau belajar mengaca pada negara lain, mungkin KPK bisa diperluas kewenangan untuk selesaikan kejahatan pemilu,” kata Adnan, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (8/4). (PN/JL)

Komentar Anda