Home Nasional Golkar Pandai Tutupi Aib Korup Partai

Golkar Pandai Tutupi Aib Korup Partai

0

golkarPOROSNEWS.COM – Peneliti Jaringan Survei Indonesia (JSI), Eka Kusmayadi mengatakan, bertahannya Golkar di tiga besar hasil quick count dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, lantaran memiliki kekuatan di akar rumput (grass root). Padahal, partai beringin masuk tiga besar dalam parpol terkorup berdasarkan persepsi publik versi survei JSI yang dipublikasikan Ahad (6/4) lalu.

“Golkar di peringkat tiga (partai terkorup). Tap, kenapa tidak signifikan (turunnya)? Karena Golkar punya struktur partai yang lebih kuat,” ujarnya dalam jumpa pers di kantor JSI, kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (9/4).

Sementara, yang terpuruk karena kasus korupsi adalah Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Alasannya, lantaran pemimpin dua parpol tersebut terlibat. Walaupun, secara indeks mereka tak berada di puncak. “Tapi, publik tidak tahu itu. Ini, mungkin hukuman dari publik,” jelas Peneliti JSI lainnya, Fajar S Tamin di kesempatan sama.

Terkait pengaruh kasus korupsi dengan elektabilitas partai, kata Eka, karena publik memandang masalah tersebut sebagai problem kedua terpenting di Tanah Air yang harus dientaskan, di bawah stabilnya harga kebutuhan pokok.

Dalam hitung cepat JSI, ketika sampel yang dihimpun sebesar 70,25 persen (1.405 dari 2.000 TPS) dengan tingkat partisipasi pemilih sekira 70,64 persen, partai peninggalan Orde Baru (Orba) berada diurutan kedua dengan 15,75 persen. Kemudian, partai bintang mercy mendapatkan 9,41 persen dan bercokol diperingkat kelima. Lalu PKS meraih 6,37 persen.

Sedangkan dalam Pileg 2009, Demokrat didapatkan meraup 20,85 persen. Disusul Golkar 14,45 persen dan PKS diurutan keempat dengan 7,88 persen.

Quick count JSI memakai teknik multistage random sampling untuk mencari 2.000 TPS sebagai sampel dari total 544.685 TPS. Sementara sampling error diperkirakan sekitar satu persen. (PN/FH)
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.