Home Nasional Kacau, Ratusan Surat Suara Tertukar

Kacau, Ratusan Surat Suara Tertukar

0

surat suaraPOROSNEWS. COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan ratusan surat suara yang tertukar antar satu daerah pemilihan (dapil) dengan dapil lain.

Pimpinan Bawaslu divisi Humas data dan sosialiasi antar Lembaga Nasrullah mengatakan, dari jumlah 4 model surat suara yang paling banyak tertukar adalah jenis surat suara untuk pemilihan calon legislatif daerah tingkat II atau setara dengan Kabupaten atau Kota.

“Di Nias Selatan, Sumatera Utara misalnya ada 102 lembar surat suara yang tertukar,” kata Nasrullah saat menggelar jumpa pers di kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (9/4).

Menanggapi hal tersebut, Bawaslu segera mengambil tindakan cepat dengan mengelurakan beberapa rekomendasi atas kasus tertukarnya surat suara tersebut.

Pimpinan Bawaslu koordinator divisi Hukum pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Nelson Simanjuntak di hadapan puluhan awak media membacakan butir-butir rekomendasi Bawaslu.

“Rekomendasi kami adalah  menghentikan proses pemungutan suara di tempat yang  surat suaranya tertukar sampai surat suara yang betul tersedia.  Kedua, kami merekomendasikan kepada KPU untuk mengambail langkah strategis terkait hal tersebut,” jelasnya.

Dari data yang dihimpun dan diterima wartawan, jumlah surat suara yang tertukar tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Untuk pulau Sumatera surat suara yang tertukar ditemukan di Kabupaten Nias. Untuk Provinsi Jawa Timur terjadi di Kabupaten Sampang, Sumenep, Banyuwangi, Bojonegoro dan Ponorogo.

Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk Provinsi Jawa Barat terjadi di kabupaten Bandung Barat. Untuk provinsi Banten ditemukan di Kabupaten Serang. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur surat suara yang tertukar terjadi di Kabupaten Flores Timur. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.