Home Nasional Buset, Surat Suara Tertukar di 14 Provinsi

Buset, Surat Suara Tertukar di 14 Provinsi

0

surat suaraPOROSNEWS. COM – Selain menemukan praktik ‘Money politic’ dalam pelaksanaan pemilu legislatif (pileg), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI juga menemukan adanya ratusan surat suara yang tertukar di 14 provinsi.

Pimpinan Bawaslu divisi hukum penindakan dan pengawasan pelanggaran Nelson Simanjuntak mengatakan, untuk surat suara yang tertukar paling banyak terjadi untuk tingkat perwakilan DPRD atau surat suara di tingkat Kabupaten atau Kota.

“Akibatnya pemilih tidak dapat memilih secara langsung anggota DPRD di daerah pemilihan masing-masing sesuai dengan yang terdaftar dalam DCT masing-masing,” kata Pimpinan Bawaslu, Nelson Simanjuntak, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu malam (9/4).

Terkait dengan hal tersebut,  Bawaslu menganggap hal itu kesalahan KPU dan jajarannya yang tak mampu mempersiapkan penyelenggaraan tahapan pemungutan suara.

Atas kejadian itu, Bawaslu meminta pemungutan suara yang terdapat surat suara tertukar harus dihentikan. Terbatas pada pemungutan suara untuk lembaga perwakilan yang surat suaranya tertukar.

“Hal ini perlu dilakukan karena sistem pemilu yang diatur dalam pasal 5 ayat 1 undang-undang No. 8 tahun 2012 tentang pemilu adalah sistem proporsional terbuka, dimana surat suara untuk setiap daerah pemilihan harus memuat nama-nama daftar calon tetap,” tuturnya.

Bawaslu menyebutkan, ke-14 Provinsi yang mengalami surat suara tertukar antara lain, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.