Home Nasional Cak Imin, Cerdik Tapi Licik ?

Cak Imin, Cerdik Tapi Licik ?

0

cak imin2POROSNEWS.COM – Tingginya suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam proses hitung cepat (quick count) dinilai tidak terlepas dari peranan Ketua Umum (Ketum) PKB, Muhaimin Iskandar. Keponakan Gus Dur yang kerap dipanggil Cak Imin ini disebut cerdik dan licik dalam mengatur strategi hingga suara partainya melonjak melalui figur pedangdut Rhoma Irama.

“Dalam bahasa Inggris (yang dilakukan Cak Imin) disebut ‘clever‘. Bahasa Indonesianya, licik. Muhaimin berhasil menaikkan (jumlah) suara di akar rumput PKB dengan mengusung Rhoma. Saya ngomong itu di depan Muhaimin, bukan di belakangnya,” kata pengamat politik Ikrar Nusa Bhakti, di Jakarta, Kamis (10/4).

Menurut Ikrar, kecerdikan Cak Imin juga terlihat dari dari strateginya yang menggaet figur mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dan mantan Wakil Presiden (Wapres) Wapres Jusuf Kalla (JK). Kedua sosok ini dapat menarik simpati masyarakat kelas menengah sementara sosok Rhoma, “Si Raja Dangdut”, dapat menarik simpati dari masyarakat bawah.

Lebih lanjut Ikrar menjelaskan, kemungkinan besar PKB dapat mengusung wapres untuk capres PDI Perjuangan (PDI-P) Jokowi jika nantinya PKB berkoalisi dengan PDI-P.

“Kalau PKB hanya ada satu kemungkinan yaitu Mahfud MD. JK tidak mungkin, karena dia orang Golkar. Jokowi dengan Rhoma kimiawinya saja tidak cocok. Jokowi butuh (pendamping) yang cocok. Kalau saya pribadi, JK merupakan sosok yang paling tepat. Tapi, saya tidak tahu pandangan PDI-P sendiri,” kata Ikrar. (PN/BS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.