Home Nasional Golkar: Partai Islam Jadi Penentu

Golkar: Partai Islam Jadi Penentu

0

hajriyanto-201310130938141POROSNEWS.COM – Ketua DPP Golkar, Hajriyanto Y Thohari menilai parpol Islam sebagai partai menengah menjadi kekuatan penentu dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Terlebih, tiap parpol tiga besar sudah memiliki capresnya masing-masing.

“Bisa diperkirakan, tiga partai besar yang sudah memiliki capres masing-masing akan berlomba-lomba dan akan saling adu cepat untuk meyakinkan partai menengah untuk diajak berkoalisi,” ujarnya saat ditemui di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/4).

Enam partai menengah yang hanya mampu mendongkrak suara 6-9 persen, sambung Hajriyanto, tentu memiliki porsi tawar yang cukup tinggi.

“Karena tanpa keikutsertaan mereka bergabung dalam mengajukan capres, tidak ada satu pun partai besar yang memiliki capres itu dapat mengajukan pasangan capres dan cawapres, karena tidak mencapai 20 persen (ambang batas pencapresan, red),” jelas mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Karena itu, Hajriyanto, Golkar memiliki kesulitan untuk mengusung ketua umum, Aburizal Bakrie (Ical) sebagai capres. “Sama seperti PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) dan Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), akan menghadapi problem untuk meyakinkan rekan koalisi bergabung untuk mengajukan calon presiden,” tandas Wakil Ketua MPR ini. (PN/FH)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.