Home Nasional Menuju Pilpres, Jokowi Efek Bukan Andalan PDIP Lagi

Menuju Pilpres, Jokowi Efek Bukan Andalan PDIP Lagi

0

jokefekPOROSNEWS. COM – Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mempublikasikan sekaligus mengumumkan perolehan suara partai politik dan para calegnya dalam pemilu legislatif (pileg) yang berlangsung pada Rabu (9/4). Namun, hasil pileg sudah bisa diprediksi.

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh puluhan lembaga survei, tidak ada satupun partai politik yang memperoleh suara diatas 25 persen dari suara sah nasional.

Bahkan, PDIP yang menargetkan perolehan suara sebesar 36 % harus berbesar hati menelan pil pahit itu. Sosok Joko Widodo yang digadang-gadang dan diyakini bisa mendongkrak perolehan suara partai juga tidak terlelu berpengaruh signifikan.

“Karenanya, melihat perolehan suara tersebut menunjukkan tidak ada partai yang bisa mengusung pasangan capres sendiri tanpa koalisi,” kata analis politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo dalam keterangan pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Kamis (10/4).

Lebih lanjut Karyono menjelaskan, kendati PDIP diprediksi akan tampil sebagai partai pemenang dalam pileg. Namun tetap saja, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut belum sanggup dan mampu untuk mengusung pasangan capres dan cawapresnya sendiri. Walhasil, PDIP harus menggalang kekuatan dan berkoalisi dengan partai lain dalam ajang pemilu presiden pada bulan Juli mendatang.

Ditambahkan Karyono, model dan format koalisi yang dibangun PDIP  harus mengedepankan semangat gotong-royong untuk membangun bangsa dan negara yang sejahtera.

“Jadi, koalisi yg dibangun nanti tidak sekadar bagi-bagi kekuasaan. Karenanya, kabinet yang akan datang adalah kabinet gotong royong. Pemerintahan kedepan harus dilandasi falsafah yang sama, yakni mewujudkan Indonesia sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan yang tertuang di dalam pembukaan UUD 1945 itu,” tutupnya. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.