Home Nasional PDIP Buka Peluang “Jemput Bola”?

PDIP Buka Peluang “Jemput Bola”?

0

PDIP1POROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi MS Simbolon mengatakan, partainya tidak menutup kemungkinan akan berkoalisi dengan parpol Islam dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli kelak.

“Kita mayoritas PDIP, Islam. Tidak tertutup kemungkinan untuk koalisi dengan partai Islam,” ujarnya usai diskusi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/4).

Sementara untuk capres yang akan diusung, terang Effendi, tetap Joko Widodo (Jokowi), kendati hasil hitung manual Pemilu Legislatif (Pileg) nanti PDIP di bawah ambang batas presiden.

Karena itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR ini mengingatkan, agar Gubernur DKI Jakarta tersebut tetap mengikuti aturan main. Misalnya, ketika akan melakukan konsolidasi, bila cukup dengan cuti, maka ijin sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang (UU).

“Kemudian, komunikasi juga harus terbuka dan jangan terkunci. Kita harus jemput bola,” pungkas politikus kelahiran Banjarmasin ini.

Sebelumnya, Ketua DPP Golkar, Hajriyanto Y Thohari mengaku, partainya juga akan berkoalisi dengan parpol Islam. Sebab, partai beringin tak memenuhi syarat presidential threshold, yakni mendapatkan 20 persen kursi DPR atau meraup 25 persen suara di Pileg. Sehingga, capresnya, Aburizal Bakrie (Ical) sulit untuk melangkah hingga Pilpres, bila tak bermitra dengan partai lain.

Alasan kedua, parpol Islam yang meraup 6-9 persen suara memiliki peran signifikan dalam Pilpres. Maka, posisi tawarnya (bargain) pun juga tinggi. “Karena tanpa keikutsertaan mereka (parpol Islam, red) bergabung dalam mengajukan capres, tidak ada satupun partai besar yang memiliki capres itu dapat mengajukan pasangan capres dan cawapres,” kata Wakil Ketua MPR ini. (PN/FH)
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.