Home Nasional Daerah Pemilih Siluman Hadir di Makasar

Pemilih Siluman Hadir di Makasar

0

pemilih silumanPOROSNEWS. COM – Selain ditemukan adanya praktik ‘money politik’ dan ratusan surat suara yang tertukar dalam pemilu legislatif (pileg) pada Rabu (9/4). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga menemukan adanya pemilih siluman.

Ketua Bawaslu RI, Muhammad mengatakan pemilih siluman tersebut berasal dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi baru yang kuliah di sebuah perguruan tinggi di Makassar, Sulawesi Selatan. Modus yang digunakan oleh para pemilih siluman adalah dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS)  dan menggunakan hak suara orang lain dalam pemilu legislatif (pileg).

“Dari hasil pemeriksaan ternyata mereka menggunakan hak suara orang lain. Dan ini adalah  pelanggaran pidana dan sangat serius,  tidak ada toleransi untuk hal ini. Karena itu saya  menginstruksikan kepada Bawaslu Sulsel dan jajarannya supaya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Muhammmad melalui keterangan pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Kamis (10/4).

Untuk diketahui, Muhammad sendiri memberikan hak suaranya di TPS 2 Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo, Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (9/4). Selanjutnya Muhammad melakukan pengawasan pemungutan suara di sejumlah TPS di Kota Makassar.

Muhammad juga manyampaikan temuan yang ditemukan di TPS-TPS kepada kantor KPU Makassar di antaranya  TPS 03 Kelurahan Maribar. Muhammad menemukan keterlambatan C1 DPR yang belum sampai di TPS.

“Selain itu  di TPS 67 Lapas Makassar ditemukan jumlah isi surat suara yang tidak sesuai dengan yang tertulis pada amplop surat suara,” tutup Muhammad. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.