Home Nasional PKB Puas di Rangking Empat

PKB Puas di Rangking Empat

0

marwan PKBPOROSNEWS.COM – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar bersyukur karena partainya bertengger diurutan keempat dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) beberapa lembaga survei. Salah satunya Jaringan Suara Indonesia (JSI).

“Alhamdulillah, PKB tetap eksis dalam Pemilu 2014. Terimakasih kepada rakyat Indonesia yang mempercayakan pilihannya kepada PKB,” ungkapnya saat dihubungi PorosNews.com di Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Marwan menerangkan, kembali meningkatnya raihan suara PKB dalam Pileg 2014 dibandingkan periode sebelumnya, karena strategi politik yang dijalankan berjalan optimal dan maksimal, seperti berhasil melakukan rekonsilisasi dan konsolidasi secara total.

“Dan tentu kreatifitas Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dalam membangkitkan dan menggairahkan PKB,” papar dia.

Namun demikian, terang Marwan, PKB akan melakukan evaluasi terhadap kinerja-kinerja partainya dalam menghadapi Pileg. Sehingga, mengetahui kelemahan dan kekuatan partai besutan mantan Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

“Ya, nanti tentu akan ada evaluasi. Tapi, kami bangga kepada seluruh kader dan simpatisan PKB. Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya,” aku politisi kelahiran Pati, Jawa Tengah ini.

Di lain hal, kendati perolehan Pileg tersebut belum sesuai ekspektasi PKB, karena ditargetkan kembali masuk tiga besar, seperti dalam Pemilu 1999 dan 2004, namun Marwan berkeyakinan, partainya memiliki peran signifikan dalam koalisi mendatang. “PKB akan menjadi faktor penentu koalisi nanti,” pungkas Anggota Komisi V DPR ini.

Sebelumnya, Wakil Direktur JSI, Fajar S Tamin mengatakan, PKB dan Demokrat bersaing ketat memperebutkan posisi keempat dalam Pileg 2014. Sebab, berdasarkan hitung cepat yang dilakukan pihaknya, perbedaan antara dua partai tersebut kurang dari satu persen.

“Di peringkat empat, masih ada perubahan karena angkanya tipis, antara PKB dan demokrat. Ini masih memungkinkan bertukar,” ujarnya saat mempresentasikan hasil hitung cepat di kantor JSI, kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Tapi, kalau dilihat di sini, (posisi keempat) condongnya ke PKB, karena angkanya lebih besar,” imbuhnya memprediksi siapa yang keluar sebagai juara keempat. Pasalnya, PKB meraup 9,93 persen, sedangkan Demokrat hanya 9,41 persen.

Hitung cepat JSI itu berasal dari 70,25 persen data yang sudah diinput atau bersumber dari 1.405 dari 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampelnya dengan tingkat partisipasi pemilih 70,64 persen. Quick count tersebut memakai teknik multistage random sampling untuk mencari 2.000 TPS sebagai sampel dari total 544.685 TPS. Sementara sampling error diperkirakan sekitar satu persen. (PN/FH)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.