Home Nasional Suara Anjlok, Sutan Bilang Demokrat Harus Berbenah

Suara Anjlok, Sutan Bilang Demokrat Harus Berbenah

0

sutan batuPOROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana menghargai hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga terkait Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, di mana partainya hanya meraup sekira sembilan persen.

“Saya kira, itu sudah realita yang ada yang harus kita hormati bersama. Bagi Partai Demokrat, ini pelajaran yang bagus, agar ke depan bisa lebih berbenah dan solid untuk menghadapi semua masalah yang datang,” ujarnya saat dihubungi PorosNews.com di Jakarta, Rabu (9/4).

Sutan pun mengakui, bila perolehan tersebut, jauh di bawah ekspektasi Demokrat. Sebab, partainya menargetkan duduk di urutan ketiga dengan persentase 15 persen. “Jadi, jelas meleset dong. Makanya, kita harus jadikan pelajaran hasilnya ini dan menjadi cambuk untuk maju di masa yang akan datang,” jelas politikus asal Sumatera Utara itu.

Terkait perolehan suara Demokrat dalam Pileg kali ini, yang hampir setengah di bawah persentase Pemilu 2009 silam, Sutan menerangkan, partainya akan mengevaluasinya dari semua aspek. “Oleh sebab itu, kita tunggu dulu hasil sebenarnya dan hasil laporan akhir dari lapangan,” ungkap Ketua Komisi VII tersebut.

Kendati demikian, Sutan optimis, pemenang konvensi capres Demokrat dapat diperjuangkan untuk dalam Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti. Tapi, dengan catatan. “Itu tinggal hasil kompromi aja dengan parpol yang lainlah (rekan koalisi, red),” pungkas dia.

Diketahui, berdasarkan hitung cepat Jaringan Suara Indonesia (JSI), Demokrat berada diurutan kelima, di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), lantaran meraup 9,53 persen. Data itu merupakan didapatkan ketika data yang diinput mencapai 90,4 persen (1.808 dari 2.000 TPS sampel) pada pukul 20.00.

Sementara berdasarkan quick count versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Demokrat bertengger di atas PKB, peringkat keempat dengan 9,71 persen. Data tersebut disimpulkan ketika 98.15 persen sampel masukkan. (PN/FH)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.