Home Nasional KPU Diminta Amankan Hasil Suara di Website KPU Daerah

KPU Diminta Amankan Hasil Suara di Website KPU Daerah

0

KPUPOROSNEWS. COM – Pemerhati pemilu Jaringan Pendidikan dan Pemilih Rakyat (JPPR) Sunanto mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Kabupaten atau Kota untuk segera ‘meng-upload’ rekapitulasi perolehan hasil suara partai politik di website resmi KPUD setempat.

Menurut Sunanto, publikasi tersebut dianggap sangat penting  agar tidak timbul keresahan dan sabagai bentuk transparansi  serta  tidak ada manipulasi  di formulir C1 serta untuk menghindari penyalahgunaan formulir C1 oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Titik rawan manipulasi yang dialami dari pemilu-ke pemilu salah satunya adalah upaya memanipulasi C1 yang selalu di curigai dipermainkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena itu hal tersebut harus diantisipasi,” kata pria yang akrab disapa Cak nanto melalui keterangan pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Jum’at (11/4).

Lebih lanjut Cak Nanto menjelaskan dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 26 tahun 2013  bahwa ada 3 rangkap formulir C-1 yang disiapkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selain formulis C-1 yang diserahkan ke pengawas pemilu dan saksi partai politik.

Pertama C-1 yang diletakkan di kotak suara dan  ada dua C1 di luar kotak suara dari dua C1 kotak suara ini  satu Formulir C-1 untuk  di umumkan di pps dan satu C1 lagi di antarkan ke KPUD kota/kab melalui PPK  untuk di scan oleh KPUD Kota/kabupatn dan ditampilkan  di halaman websitenya  sesuai pasal 57 PKPU No. 26 tahun 2013.

“Tapi aktifitas pergerakan C1 yang harus di sampaikan ke KPUD kota/kab melalui PPK banyak tidak terjadi kita temukan terbukti sampai saat ini  hasil pergerakan C1 ini yang sudah di uploud di website kpud kota/kab Belum ada.
maka perlu segera C-1 di upload di web kpud kota/kab. Agar tidak ada penyalahgunaan C1 oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” tutupnya. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.