Home Nasional Politik Uang Marak Tanda Kinerja Bawaslu Buruk

Politik Uang Marak Tanda Kinerja Bawaslu Buruk

0

ray rangkutiPOROSNEWS. COM – Meskipun  Pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April  lalu berjalan dengan kondusif dan damai. Namun demikian masih banyak catatan dan kekurangan dari pesta demokrasi tersebut.

Pemerhati pemilu Lingkar Madani Untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan, selain persoalan logistik dan tertukarnya ribuan surat suara. Persoalan lain yang juga penting dan perlu mendapat perhatian khusus adalah masih banyaknya praktik ‘money politic’ atau serangan fajar yang umumnya dilakukan caleg dengan modal kapital besar.

“Masih maraknya politik uang. Intensitas merayu pemilih dengan  uang terlihat masih marak menjelang hari H pencoblosan. Tentu hal ini terkait dengan lemahnya pengawasan,” kata pria bernama asli Ahmad Fauzi tersebut dalam keterangan pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Jum’at (11/4).

Penggiat demokrasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis (KMPD) menambahkan, meskipun struktur Bawaslu telah  ada sampai ke tingkat desa atau Kelurahan dan kemudian ditambah dengan adanya puluhan ribu relawan pemantau pemilu yang tersebar diberbagai pelosok tanah air namun fungsi pengawasan belum maksimal berjalan.

Terkait dengan hal tersebut, Ray mendorong kepada pihak terkait untuk mengevaluasi kinerja dan performa lembaga pengawas penyelenggara dan peserta pemilu tersebut. Sebab, kinerja yang ditunjukkan oleh lembaga pimpinan Muhammad tersebut belum maksimal dan sesuai dengan ekspektasi publik.

“Kinerja Bawaslu yang melempem sepanjang pemilu legslatif harus segera dikoreksi. Kinerja mereka  tidak sesuai harapan, dan nampak tidak memiliki kontribusi besar untuk  mencegah pelanggaran.  Jangan  sampai masyarakat  kembali kecewa dan akhirnya bersikap  tidak  peduli dengan pemilu,” tutup Ray. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.