Home EKONOMI Bisnis Hindari Gejolak, Pasar Minta Pasangan Capres Cawapres Segera Diumumkan

Hindari Gejolak, Pasar Minta Pasangan Capres Cawapres Segera Diumumkan

0

volatilitasPOROSNEWS.COM – Untuk menghindari volatilitas (gejolak pasar) jangka panjang, maka partai-partai besar yang terlibat dalam pemilihan umum (Pemilu) disarankan mengumumkan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Ekonom PT Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengharapkan agar pemilihan presiden tidak terjadi hingga 2 putaran. Menurutnya, jika pemilihan terjadi hingga 2 putaran, maka volatilitas akan semakin lama.

“Agar volatilitas tak semakin liar, maka fundamental harus dijaga,” katanya.

Terkait IHSG yang sempat anjlok, Lana mengungkapkan hingga Maret 2014 dana asing yang masuk kisaran US$2 miliar sedangkan dana yang masuk ke pasar obligasi mencapai Rp38 triliun.

Sehingga banyaknya aliran tersebut sempat membuat harga saham naik, mahal dan kini terkoreksi kembali.Lana menyarankan agar partai-partai segera memunculkan calon presiden dan calon wakil presiden agar memberikan kejelasan pada pelaku pasar.

Sementara itu, Bank Indonesia menilai respons negatif pasar dengan melemahnya indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar terhadap perhitungan cepat pemilihan umum (pemilu), bukan hal yang mengkhawatirkan. (PN/BSC)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.