Home PEMILU Inilah Strategi PPP Hadapi Pilpres

Inilah Strategi PPP Hadapi Pilpres

0
PPP1POROSNEWS.COM – Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa menerangkan, ada tiga strategi politik partainya dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

“Pertama, sesuai hasil Mukernas (musyawarah kerja nasional), kita bisa ambil satu dari enam orang di luar ketua umum yang didorong partai (sebagai capres). Koalisinya ke arah sana. Ada alasan-alasan di balik itu dan itu diusulkan para peserta (Mukernas),” ujarnya dalam diskusi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (12/4).

Manuver kedua, terang Suharso, berkoalisi dengan tiga parpol Islam lain, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebab, pasca Pemilu Legislatif (Pileg) kemarin, gagasan tersebut bangkit kembali. “Antara PKB, PPP dan PAN,” katanya.

“Kalau terjadi, tinggal diarahkan, mau ke mana. Misalnya, dengan partai nasional, dengan Golkar, Demokrat atau siapa. Ini dalam 1 booklet. Jadi saya kira, itu sudah kita pikirkan untuk kemungkinannya,” imbuh mantan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) ini.

Dan langkah terakhir partai Ka’bah adalah berkoalisi langsung dengan parpol nasionalis, baik Demokrat ataupun Golkar. “Atau ekstrim yang paling luar biasa ke Prabowo (Gerindra, red),” seloroh dia.

Untuk kepastian, strategi mana yang diterapkan PPP, Suharso mengaku belum bisa memutuskan. Tapi ia menerangkan, pergerakan langkah ketiga tersebut lebih masif dibandingkan dua lainnya. Pasalnya, di antara koalisi antar parpol Islam sekalipun, perlu saling mengundang parpol nasionalis.

“Sekarang yang sudah intens dengan Demokrat dan Golkar. Kita lihat, anginnya seperti apa. Apalagi, hasilnya Pileg nanti seperti apa,” tandasnya. (PN/FH)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.