Home Nasional PBB Hancur, MS Kaban Geram

PBB Hancur, MS Kaban Geram

0

ms kabanPOROSNEWS. COM – Partai Bulan Bintang (PBB) amat menyayangkan pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April 2014 lalu yang bermasalah.

Ketua umum DPP PBB Malem Sambat Kaban mengatakan, pihaknya banyak menemukan kelemahan seperti kurangnya pengawasan di tempat pemungutan suara (TPS), tidak terakomodirnya pemilih yang tidak terdaftar, kurangnya pemahaman kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mengenai proses penghitungan, dan surat suara yang tertukar hingga mengakibatkan diulangnya proses pemiliu.

“PBB mengamati di lapangan bahwa saksi parpol sangat sedikit sekali di TPS,” kata Ketua Umum DPP PBB, MS Kaban kepada wartawan dalam konferensi pers dalam menyikapi hasil quic count atau hitung cepat di Kantor DPP PBB Pasar Minggu, Jakarta, Jum’at malam (11/4).

Lebih lanjut Kaban menerangkan, sebagai partai kecil, tentu saja PBB tidak menempatkan semua saksi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pantauan lapangan yang dilakukan tim PBB, di setiap TPS hanya terdapat 5 orang saksi partai politik saja, dan semua saksi tersebut berasal dari partai politik besar.

Selain itu, tim dan relawan PBB ditingkat bawah juga mengalami kesulitan untuk memperoleh Fomulir rekapitulasi penghitungan hasil suara ( C1). Padahal formulir tersebut  diharapkan dapat menjadi pembanding dalam rekapitulasi suara di tiap tingkatan juga sulit didapatkan.

Dan yang paling mengecewakan, lanjutnya, terdapat 20 provinsi yang diketahui surat suaranya tertukar dan harus dilakukan pencoblosan ulang. Peristiwa ini juga pernah terjadi di pemilu sebelumnya, tetapi KPU seperti tidak belajar dari peristiwa sebelumnya. Yang lebih aneh, diantara surat suara yang tertukar iru sudah dicoblos. PBB menduga, hal ini merupakan suatu kesengajaan yang diciptakan, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus menyelidiki  kasus ini.

“Kalau kesalahnya hanya terjadi di beberapa kabupaten saja mungkin kita bisa beranggapan ini kelalaian, tapi ini masif di 20 provinsi. Apakah ada skenario di balik hal tersebut? Saya tidak tahu,” tutup Kaban. (PN/Jal)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.