Home Nasional Marzuki Alie Prediksi Pemerintahan Pasca SBY Bakal Labil

Marzuki Alie Prediksi Pemerintahan Pasca SBY Bakal Labil

0

KUNJUNGAN KETUA DPRPOROSNEWS.COM  – Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie berkeyakinan jika pemerintahan 2014/2019 jauh lebih tak stabil dibandingkan era kepemimpinan ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bawah Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

“Kekuatan pemerintahan mendatang akan menjadi lebih tidak stabil, karena bertambahnya jumlah partai yang lolos ke DPR dan kekuataan merata,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (12/4).

Selain itu, terang politikus kelahiran Palembang ini, peta koalisi ke depan pun tak akan terbentuk, karena kesamaan konsep yang jelas. Melainkan, hanya kompromi-kompromi antarparpol semata.

“Politik dagang sapi atau kompromi akan terjadi dan tidak bisa dihindarkan. Semua akan sama saja dan mungkin akan lebih parah dari pemilu yang lalu,” tegas dia.

Lantaran itu, Marzuki menyesalkan rendahnya angka ambang batas Parlemen. Menurut dia, seharusnya yang diberlakukan dalam UU Pemilu Legislatif (Pileg) menjadi lima, bukan 3,5 persen. “Sehingga, bisa merampingkan jumlah parpol,” yakin Ketua DPR ini.

“Apalagi, pembentukan fraksi tidak ditentukan jumlah kursi. Sehingga, setiap partai bisa membentuk fraksi. Maka, akan membuat peta kekuatan di DPR semakin ramai dan kacau,” pungkasnya. (PN/FH)
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.