Home Nasional Ray: Wacana Koalisi Partai Islam Itu Ilusi

Ray: Wacana Koalisi Partai Islam Itu Ilusi

0

ray3POROSNEWS. COM – Analis politik Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menilai wacana koalisi partai politik berbasis Islam tidak memiliki pijakan kuat dan sangat utopis.

Bagi Ray, tidak ada nomenklatur ‘partai politik Islam’  karena secara konstitusional tidak  ada yang  dinamakan dengan  parpol Islam. Sebab dalam Undang-undang  parpol dinyatakan dengan  tegas bahwa  semua  parpol harus berasaskan pancasila dan UUD 1945.

“Hampir semua  parpol yang  diidentifikasi parpol Islam pada  faktanya adalah partai terbuka keanggotaannya terhadap umat non muslim. PAN, PKB dan PKS  memperkenankan hal itu. Jadi  menyebut identifikasi parpol aspirasi Islam bertentangan dengan  fakta di dalam maupun di luar,” kata Ray dalam keterangan tertulis yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Minggu (13/4).

Lebih lanjut penggiat demokrasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis (KMPD) menyebut secara tujuan, parpol-parpol  yang  dinamai sebagai parpol Islam itu juga  tidak  memiliki satu pandangan sama tentang diri mereka. Dan mereka juga mempunyai pandangan berbeda bagaimana mengelola bangsa dan negara kedepan.

Bahkan dari semua tokoh yang dikategorikan sebagai ‘tokoh Islam’ tidak ada satupun tokoh yang dapat menyatukan semua poros kekuatan partai Islam.

“Maka dengan berbagai pertimbangan wacana pembentukan koalisi partai Islam itu lebih tepat disebut sebagai angan-angan dan imajinasi daripada fakta.
Pilihan yang  tersedia, nampaknya, hanya bergabung pada  dua poros utama koalisi. Yakni koalisi yg nampaknya akan dipimpin oleh PDIP, atau koalisi lain yang nampaknya akan dipimpin oleh Gerindra,” tutup Ray. (PN/Jal)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.