Home Nasional Hukum Suap Panitia Pemilu, Bupati Bogor Diaporkan ke KPK

Suap Panitia Pemilu, Bupati Bogor Diaporkan ke KPK

0

Rahmat yasinPOROSNEWS. COM – Dugaan praktik ‘money politic’ yang dilakukan Bupati Bogor Rachmat Yasin akhirnya dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Kelompok Kerja Nasional Gerakan Sejuta Relawan Pemantau Pemilu (GSRPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Yusfitriadi membenarkan jika orang pertama di Kabupaten Bogor tersebut telah dilaporkan ke lembaga anti rasuah oleh salah seorang pengurus partai politik di Bogor.

“Betul, kita sudah terima laporan. Selain ke Bawaslu, ketua PKP Indonesia Kabupaten Bogor juga melaporkan dugaan penyuapan tersebut ke KPK,” kata Yus saat dihubungi PorosNews. Com, Jakarta, Minggu malam (13/4).

Terkait dengan hal tersebut, Juru bicara KPK, Johan Budi mengaku belum mengetahui secara pasti masuknya laporan tersebut. Sebab, hampir setiap hari lembaga pimpinan Abraham Samad tersebut selalu menerima laporan dugaan adanya aksi penyuapan dan korupsi.

“Belum tahu, nanti Senin akan gua cek,” jawabnya singkat saat dihubungi terpisah.

Untuk diketahui, Bupati Bogor yang juga ketua DPW Jawa Barat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rahmat Yasin diduga kuat melakukan praktik penyuapan kepada petugas penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan dan kelurahan.

Untuk tingkat kecamatan, ada 6 orang petugas penyelenggara pemilu. Terbagi atas 3 orang petugas Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan 3 orang Panwascam. Setiap orang petugas diberikan uang tunai sebesar Rp 500 ribu. Adapun jumlah kecamatan di Kabupaten Bogor sebanyak 44 kecamatan.

Hingga berita ini diturunkan, baik Panwaslu Kabupaten Bogor beserta pihak Kepolisian masih mengumpulkan bukti penyuapan tersebut. (PN/Darmo Gandul)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.