Home Nasional Wow…Demi Ambisi, Caleg NasDem Ini Habiskan 40 Miliar

Wow…Demi Ambisi, Caleg NasDem Ini Habiskan 40 Miliar

0

caleg nasdemPOROSNEWS. COM – Selain caleg petahana yang melakukan praktik ‘money politic’ caleg dengan kantong tebal rupanya juga melakukan hal serupa.

Kali ini dugaan praktik politik uang dilakukan oleh caleg nomor urut pertama DPR RI asal Partai NasDem di daerah pemilihan (dapil) DKI III.

Untuk mengetahui dugaan praktik politik uang, tim PorosNews. Com melakukan investigasi selama dua hari berturut-turut. Dari penelurusan yang dilakukan tim, caleg partai NasDem tersebut berinisial AS.

Bagi warga Jakarta Utara, khususnya kecamatan Tanjung Priok sosok AS bukanlah tokoh asing. Ia merupakan penduduk pribumi dari kawasan utara Jakarta. Dengan latar belakang sebagai seorang pengusaha, dalam masa pencalegan tahun ini, sosok AS menggelontorkan dana dalam jumlah besar.

“Sejak ditetapkan sebagai caleg dalam Daftar calon tetap (DCT) oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum_ red) AS sering sekali mengumpulkan warga. Bahkan setiap ketua RT setempat diberikan duit sebesar Rp 1 juta,” kata salah seorang warga yang enggan disebut namanya, saat dijumpai Tim PorosNews. Com di kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara, Sabtu malam (12/4).

Bukan hanya itu, saat mengumpulkan warga sosok caleg muda tersebut juga memberikan uang sebesar RP 100. 000 per orang. Modus yang digunakan adalah dengan mengumpulkan warga, kemudian berdialog dan mengarahkan warga untuk memberikan dukungan kepada dirinya.

Proses konsolidasi dalam rangka menjalin dukungan dan mendulang suara juga dilakukan oleh AS hingga masa tenang, bahkan H-2 jam sebelum pelaksanaa pemilu legislatif (pileg) dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014 lalu.

“Tiap warga diberikan uang sebesar Rp 100.000 dengan catatan mendukung dirinya sebagai caleg. Sedangkan bagi saksi yang ditempatkan disetiap TPS jumlah uang yang diberikan sebesar Rp 200.000,” jelas sumber kami tersebut.

Bahkan hal yang paling mencengangkan dibeberapa TPS, caleg AS menempatkan 20 orang saksi, dengan rincian seorang saksi berada diarea dalam TPS dan sisanya berada di luar TPS. Sebelum pileg dihelat, pengusaha muda tersebut juga menjamu warga dengan membelikan 40 ekor ayam potong di setiap Rukun Warga.

Informasi yang dihimpun Tim PorosNews. Com dilapangan, caleg AS diperkirakan mengabiskan dana hingga Rp 40 miliar lebih selama proses pencalegan berlangsung.

Selain itu, tim PorosNews. Com juga melakukan wawancara dengan beberapa warga di areal Sunter, Pluit dan Kamal Muara. Mayoritas penduduk menyatakan bahwa caleg AS adalah sosok berduit dan royal.

“Bayangin aja, waktu Iedul Adha tahun lalu, dia korban 40 ekor sapi dan ratusan kambing. Kan bisa dihitung berapa biaya yang dia keluarkan,” jelas seorang warga yang identitasnya minta dirahasiakan saat dijumpai di kawasan sunter, Minggu pagi (13/4).

Untuk diketahui, caleg AS berusia relatif muda sekitar 36 tahun. Selain aktif di Partai Nasdem, caleg AS juga  menjabat sebagai Direktur Utama PT Ruwanda Satya Abadi. Dia bahkan dipercaya memegang kursi President FOCI (Ferrari Owner Club Indonesia). Dalam Pemilu 2014, dia menjadi Caleg Partai NasDem dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta III nomor urut 1 meliputi kawasan Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu.

(Tim PorosNews. Com).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.