Home Nasional Hadapi Pilpres, Gerindra dan PAN Rapatkan Barisan

Hadapi Pilpres, Gerindra dan PAN Rapatkan Barisan

0

prabowo_berjasa

POROSNEWS. COM – Meskipun pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) baru akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang, namun sejumlah petinggi partai politik satu sama lain sudah mulai membuka ruang dialog dan melakukan penjajakan untuk koalisi.

Selain capres PDIP, Joko Widodo yang sudah menjalin komunikasi dan bersilaturahmi dengan 3 pucuk pimpinan partai politik, kabar lain yang santer dan juga beredar luas dikalangan awak media adalah wacana duet Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Kabar yang berhembus, Prabowo Subianto akan berduet dengan Hatta Rajasa dengan slogan Prabowo-Berjasa.

Menanggapi hal tersebut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN yang juga caleg petaha Viva Yoga Mauladi hingga kini mengaku belum ada keputusan resmi dari DPP PAN terkait wacana duet tersebut.

“Belum ada sikap resmi dari partai. Yang jelas kita masih menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik,” kata Viva saat dihubungi PorosNews. Com, Jakarta, Senin malam (14/4).

Lebih lanjut anggota Komisi IV DPR RI tersebut menambahkan,   sebagai partai politik PAN bersedia menjalin koalisi dengan pihak manapun. Namun ada beberapa catatan yang harus terpenuhi dalam koalisi tersebut.

Syarat pertama yang diminta PAN adalah adanya kesamaan visi-misi dan cita-cita strategis dalam upaya membangun dan membenentuk pemerintahan yang kuat, aman, bersih dan bewibawa. Kemudian, syarat kedua adalah saling menjaga etika dan menghormati antar partai politik yang tergabung dalam koalisi.

Kemudian untuk syarat ketiga, koalisi harus terjalin dilevel pemerintah dan parlemen. Sebab terbangunnya koalisi dijajaran eksekutif dengan legislatif sangat berperan dalam menciptakan pemerintahan yang kuat dan berwibawa.

“Nah, dengan siapa kita akan berkoalisi itu yang masih kita bahas. Nanti akan kami kabari update infonya,” tutup Viva. Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.