Home Nasional Pengamat: Megawati Pasrah “Bongkokan”

Pengamat: Megawati Pasrah “Bongkokan”

0

megawati-1POROSNEWS.COM – Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri memberikan tongkat komando pemenangan pemilu presiden (pilpres) 2014 kepada Jokowi, yang juga sekaligus bakal capres PDI-P.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara pemenangan pemilu presiden PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, Senin (14/4). Eva mengatakan, panglima kemenangan PDI-P dalam pemilu presiden mendatang diserahkan kepada Joko Widodo (Jokowi), bakal calon presiden PDI-P.

Eva menjelaskan, Megawati menyerahkan tugas besar itu kepada Jokowi setelah dilakukan evaluasi internal pada hasil hitung cepat perolehan suara PDI-P dalam pemilu legislatif. Nantinya, Jokowi akan tetap dibantu oleh Badan Pemenangan Pemilu PDI-P yang dipimpin oleh Puan Maharani.

“Sejak 9 April, Bu Mega sudah menyerahkan panglima pemenangan pilpres langsung pada Pak Jokowi,” kata Eva saat dihubungi dari Jakarta, Senin (14/4/2014).

Situasi ini menurut pengamat sosial-politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Dhuha Hadiyansyah sebagai “pasrah bongkokan” atau ‘pasrah mutlak’, menyerahkan beban ke pundak Jokowi.

“Saya merasa PDIP terlalu fokus pada sosok Jokowi, seolah-olah tak ada figur lain. Atau, apakah ini sebuah bentuk lepas dari tanggung jawab Megawati? Kita tahu, Megawati tak 100% lahir-batin legowo dengan pencapresan Jokowi,” ujarnya.

“Saya kuatir, secara psikologis, ini bentuk kekecewaan Megawati yang sebelum Pileg didesak mayoritas kader PDIP untuk deklarasikan pencapresan Jokowi demi mendongkrak elektabilitas partai. Nyatanya, itu meleset dari target.

“Sekarang, Megawati menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi: ya capres, ya panglima pemenangan. Seakan Megawati ingin mengatakan, ‘semua kader sudah mendukungmu, sekarang buktikan sendiri’,” imbuhnya.

“Kita tunggu saja, akankah Jokowi mampu mewujudkan mimpi pendukungnya, atau tugas itu terlalu muluk untuk seorang Jokowi, yang sampai hari ini besar dengan sanjungan?” pungkasnya. (PN/DAN/RM)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.