Home Nasional DPR Tanggapi Modus Masuknya Profil Jokowi dalam Soal UN

DPR Tanggapi Modus Masuknya Profil Jokowi dalam Soal UN

0

pakde jokowi_1POROSNEWS.COM – Anggota Komisi X DPR, Jefrison Riwu Kore menilai, pemerintah lemah dalam mengontrol tahapan Ujian Nasional (UN). Sebab, ditemui profil singkat capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo (Jokowi) dalam soal Bahasa Indonesia untuk SMA/MA jurusan IPS.

“(Munculnya profil singkat Jokowi dalam soal UN) ini satu kelemahan pemerintah dalam kontrol soal ujian. Kan sampai lolos, berarti pemerintah tidak mengkontrol,” ujarnya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/4).

Secara etika, bagi politikus Demokrat ini, munculnya profil Jokowi untuk menjawab dua pertanyaan dalam soal UN tidak dibenarkan. Sebab, seharusnya ujian penentu kelulusan siswa tersebut bisa meningkatkan taraf pendidikan dan tak dimasuki isu politik.

“Kita mengharapkan ada sanksi dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayan) untuk pembuat (soal),” pinta politikus kelahiran Kupang ini.

Namun sebelumnya, Jefrison mendesak digelar investigasi terlebih dahulu untuk mengetahui motif pembuat soal memasukkan profil Gubernur DKI Jakarta itu bernada positif. “Apa ini pendukung Pak Jokowi atau memang mereka punya niat lain,” tandasnya. (FH/Darmo Gandul)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.