Home Nasional Jokowi ‘Nongol’ di Soal UN, Politisasi Dunia Pendidikan

Jokowi ‘Nongol’ di Soal UN, Politisasi Dunia Pendidikan

0

 

Muhammad Nuh_ 1

POROSNEWS. COM – Hingga kini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh masih terus melakukan penyelidikan dan investigasi terkait munculnya nama calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (capres PDIP), Joko Widodo dalam soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia.

“Kami akan rapat investigasi dulu terhadap temuan tersebut. Soal kan ada 20 tipe dan berbeda regional juga, maka kita telusuri dulu ya,” ucap M Nuh di kantor Kemendikbud Jakarta, Selasa (15/4).

Lebih lanjut Nuh mengatakan pihaknya enggan berspekulasi terkait kejadian tersebut. Ia juga enggan menerka apakah ada motif politis dibalik munculnya nama Gubernur DKI Jakarta dalam soal UN tersebut. Ia juga mengatakan tak ingin gegabah dalam menanggapi persoalan tersebut. Sebagai langkah awal, Nuh akan mengusut siapa tim pembuat naskah tersebut dan bagaimana mekanisme pembuatan naskah soal seperti apa. Jika terdapat indikasi menyimpang, akan dijatuhkan sanksi.

“Seharusnya dalam membuat soal itu jangka waktunya enam bulan sebelum pelaksanaan UN, bukan mendadak. Kami tidak mau berspekulasi dulu, biar kami telusuri dulu ya. Nanti jam 14.00 akan kami sampaikan secara utuh ke media dan publik,” tutup Nuh.

Sebelumnya, ramai di media mengenai soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA, yang berisi nama Gubernur DKI Jakarta yang berupa biografi berisi dua paragraf. Dalam soal tersebut kemudian diminta menjawab soal terkait dengan isi bacaan tersebut, yaitu bentuk keteladanan yang dimiliki oleh Jokowi. Sumber Tribunnews / Darmo Gandul

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.