Home Nasional Marzuki Desak SBY Segera Hentikan Konvensi Capres Demokrat

Marzuki Desak SBY Segera Hentikan Konvensi Capres Demokrat

0

 

marzuki alie_1

POROSNEWS. COM-  Peserta Konvensi Capres Demokrat, Marzuki Alie yang juga ketua DPR RI mendesak kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono untuk segera menghentikan ajang pencarian capres dari partai politik berlambang segitiga biru tersebut.

Menurut Marzuki, jika partai pimpinan SBY tersebut bersikukuh melanjutkan tahapan konvensi capres, maka dipastikan partainya tak memiliki waktu cukup untuk melanjutkan kontestasi calon RI-1 dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

“Jika kita melanjutkan proses konvensi sampai selesai, waktu untuk mencari partner koalisi tidak akan cukup,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (15/4).

Ditambahkan Marzuki, seusai pemilu legislatif (pileg) dihelat, fokus dan perhatian semua partai politik tertuju pada ajang pemilu presiden (pilpres) yang akan digelar pada tanggal 9 Juli mendatang. Hingga kini sejumlah partai politik tengah sibuk melakukan penjajagan satu sama lain untuk merajut koalisi partai politik.

 Jika partai Demokrat masih sibuk mengurusi persoalan internal partai, maka dipastikan partai yang identik dengan partai keluarga tersebut akan ‘ketinggalan kereta’. Karena itu, Marzuki berharap, Ketua Majelis Tinggi sekaligus Ketua Umum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggunakan hak preogratifnya untuk mencari capres atau cawapres sebagaimana amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Saya rasa, SBY bisa memilih salah satu peserta konvensi untuk diajukan menjadi capres atau cawapres, tergantung proses pembentukan dan pembicaraan yang disepakati dalam koalisi yang terbentuk,” pungkas politikus asal Palembang ini.

Diketahui, pasca Pemilu Legislatif (Pileg), 9 April kemarin, sampai sekarang belum ada kelanjutan aktivitas konvensi Demokrat. Kalaupun ada kegiatan yang melibatkan 11 peserta pra-pemilihan wakil rakyat, adalah diterjunkan menjadi jurkam saat partai bintang mercy berkampanye dan mengikuti debat bernegara di sejumlah kota.

Sementara dalam hitung cepat (quick count) sejumlah surveyor terkait Pileg, Demokrat diprediksi meraup sekira 9-10 persen suara. Sehingga, memaksa partai inisiasi SBY itu untuk berkoalisi, bila ingin mengusung kandidat dalam Pilpres. Sebab, ambang batas presiden mensyaratkan meraih 20 persen kursi di Parlemen atau mendapat 25 persen suara dalam Pemilu. (FHS/Darmo Gandul/Marcopolo).
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.