Home Nasional Hukum Suap Impor, Maria Sebut Ahmad Fathanah Punya Peran Strategis

Suap Impor, Maria Sebut Ahmad Fathanah Punya Peran Strategis

0

MELimanPOROSNEWS.COM  – Terdakwa kasus suap impor daging sapi, Maria Elizabet Liman menjalani sidang perdananya di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Selasa, (15/4). Dalam kesaksiannya, MEL mengaku kenal baik dengan Ahmad Fathanah, Lutfi Hasan Ishaq dan Elda Deviane Adiningrat.

Dalam kesaksiannya, MEL mengaku menggunakan uang Rp 1,3 miliar guna memuluskan pengajuan permohonan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Namun ia membantah jika uang itu sebagai pengganti ongkos yang dikeluarkan sahabatnya, Elda Devianne Adiningrat, dalam mengurus perizinan kuota dan sebagai sumbangan kemanusiaan di Nusa Tenggara Timur dan Papua, serta bantuan dana buat kesejahteraan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Maria, uang sogokan Rp 1 miliar adalah dana sumbangan kemanusiaan buat NTT dan Papua, sekaligus mendanai PKS.

“Ahmad Fathanah yang organized uang sumbangan itu yang mulia,” ujar Maria.

 Sementara sisanya Rp300juta adalah ongkos untuk Elda sebagai mengganti dana talang yang dikeluarkan Elda dalam mengurus perizinan kuota impor daging sapi.
“Itu untuk Elda pak. Untuk oil (bensin), makan. Dia kesana-kemari ketemu orang. Itu ada sama Juard (Direktur HRD dan General Affair PT Indoguna Utama) yang tahu pak,” kata Maria.

Diketahui dalam berkas dakwaannya, adalah Ahmad Fathanah yang meminta uang itu melalui Elda dengan tujuan sebagai sumbangan buat membantu Safari Dakwa PKS pada 2013. (PN/GUS)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.