Home Nasional Daerah Tahun 2014, BPBD Tasikmalaya Catat Kerugian Bencana Rp9Miliar

Tahun 2014, BPBD Tasikmalaya Catat Kerugian Bencana Rp9Miliar

0

siaga bencanaPOROSNEWS.COM  – BPBD Kabupaten Tasikmalaya mencatat kejadian bencana alam selama Januari – Maret 2014 sebanyak 114 kasus dengan kerugian mencapai Rp9 miliar.

Bencana merata di berbagai kecamatan, terbanyak jenis bencana longsor. Kejadian terbaru, bencana angin puting beliung menerjang 107 rumah, dengan taksiran kerugian sekitar Rp2,140 miliar.

“Penanganan dilakukan secara optimal, tidak ada korban yang terlantar. Kami berharap, warga supaya waspada apalagi di musim penghujan. Jika membahayakan, lebih baik mengungsi ke tempat aman,” ungkap Ketua BPBD Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin, Selasa (15/04/2014).

Untuk lebih memperkuat pemahaman terhadap bencana, BPBD bekerja sama dengan International Organization for Migration (IOM) telah membentuk tiga desa tangguh. Yakni Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu dengan penanganan ancaman gerakan tanah, di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu dengan penanganan ancaman gunung api dan di Desa Jayapura, Kecamatan Cigalontang dengan penanganan ancaman gempa bumi.

“Di Desa Jayapura kami telah memiliki 30 orang anggota Forum Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) dan 30 orang relawan, semuanya warga setempat. Dalam setiap simulasi penanganan bencana, relawan dilatih mulai pendirian tenda, posko pengungsi, posko medis, hingga evakuasi korban berjalan tidak lebih dari 30 menit,” ungkap Kundang.

Asda 2 Setda Kabupaten Tasikmalaya Budi Utarma mengatakan, pihaknya mengapresiasi kemampuan masyarakat dalam menangani bencana meskipun sebatas simulasi. Minimal kata dia, masyarakat tidak terlalu bergantung kepada pemerintah jika terjadi bencana, minimal bisa menyelamatkan diri masing-masing.

“Kami minta, supaya di tempat lain dibentuk desa tangguh. Misalnya untuk relawan penanganan bencana tsunami atau banjir. Mudah-mudahan bisa segera terbentuk,” kata Budi. (PN/GUS/BSJ)

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.