Home Nasional Lewat Pilpres, Kaum Kapitalis Siap jajah Indonesia Kembali

Lewat Pilpres, Kaum Kapitalis Siap jajah Indonesia Kembali

0

rusdi_kirana_2

POROSNEWS.COM – Mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Taufikurrahman Saleh mengaku sedih dengan masih menujamurnya praktik politik uang dalam pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April 2014 lalu. Baginya praktik politik uang yang kian menjamur sama sekali tidak menunjukkan kemajuan demokratisasi di tanah air.

“Pemilu memang aman dan lancar, tapi politik uang terjadi merata di Indonesia. Jadi, demokrasi kita masih masih menampakkan kekuatan uang, bukan kekuatan figur,” ujarnya dalam rilis yang diterima PorosNews.com di Jakarta, Rabu (16/4).

Lantaran itu, Taufik memprediksi hajat Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti masih akan tetap menonjolkan kekuatan kapital. Pasalnya, kekuatan figur belum mampu mendorong menjadi pemenang. “Apalagi, pemilih sekarang sudah sangat pragmatis,” tegas pendiri Pusat Pemberdayaan dan Transformasi Masyarakat (PESAT) ini.

Taufik pun menarik kesimpulan, bila pemenang Pemilu sebenarnya, bukan parpol ataupun tokohnya, melainkan pemilik modal yang masuk ke semua jaringan kekuatan politik di Indonesia. “Pemilik modal inilah yang membiayai operasional partai dalam pemilu,” yakin dia.

Dalam sistem Pemilu yang mengedepankan politik transaksional, Taufik mengingatkan, sangat sulit bagi parpol atau tokoh politik, lepas dari kendali pemilik modal. “Jadi, Pemilu 2014 ini akan menghasilkan kapitalisme kroni,” tandasnya. (FHS/ Marcopolo)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.