Home Nasional Soal Koalisi, PKB ‘Manut’ Apa Kata Cak Imin

Soal Koalisi, PKB ‘Manut’ Apa Kata Cak Imin

0

 

Marwan Ja'far_ PKB

POROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar mengatakan, partainya akan taat terhadap skema koalisi yang digawangi ketua umumnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“PKB solid di bawah komando ketua umum. Apapun (hasilnya), kita diskusikan secara mendalam. Nanti mengerucutnya ke mana, PKB tetap solid,” ujarnya saat dihubungi PorosNews.com dari Jakarta, Rabu (17/4).

Karena itu pula, Ketua Fraksi PKB sekaligus Anggota Komisi V DPR ini menampik, bila ada perpecahan di partainya terkait mencari mitra koalisi. Pasalnya, kader partai besutan mantan Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut akan melibatkan fungsionaris, seperti pengurus harian.

“Jadi, PKB solid. Keputusan (koalisi) nanti solid, diumumkan oleh Pak Muhaimin sendiri. Semua didiskusikan, dirapatkan,” tandas Marwan.

Diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah surveyor, menempatkan PKB di urutan kelima terkait perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg), 9 April lalu dikisaran sembilan persen suara.

Hasil itu, menempatkan partai berbasis Nahdliyin ini berada di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Golkar. Atau, PKB merupakan parpol Islam dengan raupan suara tertinggi dibandingkan parpol agamis lainnya.

Karena tak ada satupun parpol yang perolehan suaranya melebihi ambang batas pencapresan, meraup 20 persen kursi di DPR atau mendapatkan 25 persen suara Pileg. Maka, parpol menengah seperti PKB memiliki peran sentral untuk suksesi Pilpres mendatang. Lantaran itu, tiga parpol dengan suara tertinggi berbondong-bondong mendekatinya untuk berkoalisi.(FH/ Darmo Gandul). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.