Home Nasional Bawaslu : Total Pelanggaran Selama Pileg Sebanyak 3.507 Kasus

Bawaslu : Total Pelanggaran Selama Pileg Sebanyak 3.507 Kasus

0

nasrullah_ Bawaslu

POROSNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan hingga kini total pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu hingga pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dihelat pada tanggal 9 April 2014 lalu sebanyak 3.507 kasus.

“Pelanggaran pidana sebanyak  209 kasus, pelanggaran administrasi sebanyak  3238
pelanggaran etik, direkomendasikan bawalsu ke DKPP  42 kasus,” kata Pimpinan Bawaslu divisi Sosialisi, humas dan hubungan antar lembaga Nasrullah di kantor Bawaslu, Rabu malam (16/4).

Mantan anggota KPUD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut menambahkan, partai politik peserta pemilu hamip melakukan pelanggaran disetiap tahapan pemilu, dimulai dari tahapan pendaftaran sebagai peserta pemilu, pelanggaan pada masa kampanye,  kemudian pelanggaran pada masa tenang, hingga pelanggaran pada hari – H atau hari dimana pileg dilaksanakan.

“Pada masa kampanye total pelanggaran saja mencapai 3.282 kasus, dengan   perincian  pelanggaran pidana 75 kasus, pelanggaran administrasi sebanyak  2.876 kasus dan pelanggaran  etik 23,” jelas Nasrullah.

Sedangkan untuk kategori pelanggaran pada masa tenang, pemungutan, penghitungan suara, sebanyak  225 kasus pelanggaran terjadi, untuk pelanggaran pidana yang paling besar dengan 132 kasus, disusul pelanggaran administrasi sebanyak 81 kasus dan pelanggaran kode etik sebanyak 12 kasus.

“Hingga kini semua pelanggaran tersebut masih kita proses,” tutupnya. Marcopolo

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.