Home Nasional Dirasa Hambar, Pencapresan ARB Perlu Dievaluasi

Dirasa Hambar, Pencapresan ARB Perlu Dievaluasi

0
Boni HargensPOROSNEWS.COM  – Pengamat Politik Universitas Indonesia, Boni Hargens mengatakan Partai Golkar perlu mengevaluasi pencapresan Aburizal Bakrie (ARB). Ia berpendapat itu penting dilakukan untuk menyelamatkan Partai Golkar yang terbukti perolehan suaranya melorot pada Pemilu 9 April lalu.

“Pilihan Golkar untuk menyelamatkan gerbong beringin di masa depan, ada dua. Pertama, Golkar mengganti Ical dengan figur lain yang lebih lebih elektabel, diterima publik, dan bisa membangun partai,” kata Boni di Jakarta, Kamis (17/4).   

Kedua, kata Boni, Golkar harus menyiapkan alternatif pengusungan calon wakil presiden untuk disandingkan  dengan capres dari partai besar lain. “Golkar bisa mengusung Akbar Tanjung atau Priyo Budi Santoso yang muda untuk dikawinkan dengan Jokowi atau dengan Prabowo. Paling mungkin memang dengan Prabowo karena PDIP sendiri tidak ingin membangun koalisi berbagi jabatan,” jelas dia.

Menurutnya, kedua solusi ini sangat penting dilakukan oleh partai berlambang beringin itu mengingat kecilnya harapan Golkar untuk memenangkan Pilpres 2014 mendatang. Apalagi sejauh ini belum ada capres yang bisa mengungguli elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

“Saya kira, dengan posisi sebagai partai terbesar kedua, Golkar punya bargaining power (kekuatan tawar) yang strategis untuk membangun koalisi,” ujar Boni.

Jika itu terjadi, maka Pilpres 2014 akan terpeta dalam tiga kekuatan: kekuatan tengah dibelah dua, yakni blok Jokowi (blok J) dan blok Prabowo (blok P), dan kekuatan kanan yaitu gabungan partai-partai Islam dibawah komando PKS dan PAN.

“Disana  bisa ada PAN dan Demokrat sebagai penguat koalisi. Hanura akan lebih aman bergabung ke PDIP atau ke Gerindra. Tiga komposisi ini akan membuat menarik pertarungan 2014. (PN/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.