Home Nasional DKPP Siap Tampung Gugatan Pra Pileg

DKPP Siap Tampung Gugatan Pra Pileg

0

prof jimlyPOROSNEWS.COM  – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqie mengaku sudah siap menerima laporan dan ajuan gugatan dari peserta pemilu yang merasa dirugikan hak politik dan konstitusionalnya, karena merasa dicurangi.

Meskipun gugatan akan banyak dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun pihaknya sebagai lembaga penegak kode etik  sudah siap mengantisipasi persoalan tersebut.

“Disini kan cuma pelampiasan kekecewaan bagi mereka yang merasa dirugikan. Kalau pembuktiannya nanti ya di MK. Tapi DKPP sudah siap dengan perangkat pemeriksa di daerah. Kita sudah antisipasi hal tersebut,” kata Eks Ketua MK itu di kantornya, Jakarta, Kamis (17/4).

Antisipasi yang disiapkan Jimly bukan tanpa alasan, sebab jika mengaca pada hasil hitung cepat (quick count) kemarin banyak sekali pihak yang merasa dirugikan dan berpotensi akan menempuh jalur hukum.

“Kalau hasil quick count saja banyak yang protes, apalagi hasil pengumuman suara sebenarnya oleh KPU nanti. Tentu akan banyak pihak menempuh jalur hukum. Nah inilah yang akan kita antisipasi,” tutup salah satu kandidat capres asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut. (PN/MARC/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.