Home Nasional Inilah Ragam dan Bentuk Pelanggaran Kampanye

Inilah Ragam dan Bentuk Pelanggaran Kampanye

0

 

bawaslu_logo

POROSNEWS.COM – Selama pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) berlangsung, setidaknya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah merilis 3.507 kasus pelanggaran yang dilakukan partai politik peserta pemilu.

Pimpinan Bawaslu Divisi Sosialisasi, humas dan hubungan antar lembaga, Nasrullah mengatakan, jenis pelanggaran yang dilakukan oleh kontestan pemilu beragam, mulai dari pelanggaran pidana, administrasi hingga pelanggaran kode etik yang dilakukan penyelenggara pemilu.

“Ada kampanye diluar jadwal, pelibatan kepala desa dalam kampanye, politik uang dan perusakan alat peraga,” kata Nasrullah dikantor Bawaslu, Jakarta, Rabu malam (16/4).

Ditambahkan Nasrullah, bentuk pelanggaran lain yang dilakukan partai politik adalah penggunaan sarana dan media televisi untuk iklan politik pada masa tenang. Selain itu, ada juga keterlibatan PNS atau pejabat negara yang menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye.

“Selain itu ada juga ribuan surat suara yang tertukar, beberapa petugas KPPS nakal yang tidak serahkan formulir rekapitulasi suara dan pemilih yang gunakan hak pilihnya lebih dari satu kali,” tutupnya. Marcopolo

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.