Home EKONOMI Jokowi Efect Bukan Alasan Derasnya Masuk Investor

Jokowi Efect Bukan Alasan Derasnya Masuk Investor

0

investor-relationsPOROSNEWS.COM — Derasnya dana yang masuk ke dalam negeri sudah terasa sejak awal tahun 2014, dan diyakini bukan karena dipicu tampilnya sejumlah sosok capres yang difavoritkan.

Kepala Riset Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya mengatakan terhitung mulai 2 Januari hingga 16 April 2014, dana yang masuk ke dalam negeri telah mencapai Rp30,7 triliun.

“Jangan merujuk pada satu atau dua orang sehingga (mengakibatkan)  pasar bagus. Sebab inflow (arus masuk investasi yang deras telah terjadi) dari awal Januari 2014. Bahkan mulai akhir Desember 2013, saat belum ada kepastian PDIP (Jokowi menjadi bakal capres),” kata William saat dihubungi hari ini, Kamis (17/4/2014).

Padahal, ujarnya, sepanjang tahun 2013 terjadi dana yang ke luar dengan jumlah Rp20 triliun. Kondisinya berbalik menjadi investasi masuk sejak Januari hingga pertengahan April dengan total Rp30,7 triliun.

William mengatakan kondisi tersebut menggambarkan kalangan investor baik dalam dan luar negeri yang meyakini kondisi makro ekonomi Indonesia. Misalnya dengan kebijakan BI Rate yang tetap besarannya, dan tingkat inflasi yang terjaga.

“Ini menunjukkan kinerja pemerintah, termasuk saat bertahan menghadapi tapering (pengurangan stimulus yang dilakukan bank sentral AS the Fed), juga bertahan saat cadangan devisa tergerus,” kata William. (PN/GUS/BSC)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.