Home Nasional Hukum Polri Temukan 158 Kasus Pidana Pelanggaran Pemilu

Polri Temukan 158 Kasus Pidana Pelanggaran Pemilu

0

kecurangan pemiluPOROSNEWS.COM – Polri mencatat telah terjadi sebanyak 158 kasus dugaan tindak pidana selama masa tahapan pemilu, mulai dari masa kampanye hingga tanggal 16 April kemarin. Jumlah tersangka tercatat 200 orang. Meski demikian, secara umum situasi Kamtibnas di seluruh wilayah Indonesia dalam keadaan kondusif tidak terjadi hal-hal yang dapat menganggu aktivitas kegiatan masyarakat sehari-hari.

“Alhamdulilah sampai dengan saat ini situasi Kantibmas di seluruh wilayah tanah air dalam keadaan kondusif, tidak terjadi hal-hal yang  dapat mengganggu aktivitas kegiatan masyarakt sehari-hari,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto di kantornya, Jakarta, Kamis (17/4).

Ia menyebutkan, dari 158 kasus pelanggaran pemilu, sebanyak 92 kasus dalam proses sidik, 13 kasus selesai tahap 1, dan selesai tahap 2 sebanyak 36 kasus.

“Sementara selesai surat perintah penghentian penyidikan (SP3) sebanyak 19 kasus,” sebut Agus.

Adapun jenis kasus pelanggaran pemilu yang terjadi dimulai dari tahapan sebelum masa kampanye, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara hingga penghitungan suara.

“Pelanggaran itu sendiri dilakukan oleh  pengurus partai ada 13 orang, PNS ada 15 orang, Kades 10 orang, KPPS ada 26 orang, tim sukses 16 orang, caleg  42 orang, dan lain-lain 19 total,” sebut Agus.

Ia menambahkan, pihaknya akan menuntaskan proses hukum terhadap para tersangka.

“Mudah-mudahan seiring dengan waktu yang kami miliki dalam proses bisa kita segera tuntaskan kasus-kasus yang sedang kita tangani ini,” imbuh Agus. (PN/JAL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.