Home Nasional Ray: Bawaslu Tak ‘Becus’ Kerja

Ray: Bawaslu Tak ‘Becus’ Kerja

0

ray3POROSNEWS.COM  – Sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mempublikasikan temuan ribuan pelanggaran selama masa kampanye berlangsung dicibir penggiat demokrasi Lingkar Madani Untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti.

Bagi Ray, sikap Bawaslu yang mempublikasikan temuan pelanggaran tersebut sama sekali tidak menyelesaikan persoalan. Sebab, persoalan utama yang harus segera dituntaskan lembaga pimpinan Muhammad tersebut adalah menangkap pelaku praktik ‘money politic’ dan menegakkan hukum.

“Bawaslu lagi-lagi  kehilangan urgensitas. Saat kita  semua resah dan marah akan maraknya praktek politk uang dan jual beli suara, Bawaslu seperti  tak punya desain untuk mengatasinya.  Jika  desain pencegahan dan pemberantasannya tidak  ada, tentu upaya dilapangannya  juga  hanya bersifat reaksioner,” kata Ray melalui keterangan pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Kamis (17/4).

Lebih lanjut penggiat demokrasi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Demokratis (KMPD) menambahkan jika temuan yang disampaikan Bawaslu sama sekali tidak merekam peristiwa secara utuh dan menyeluruh.

Bawaslu sendiri lanjut Ray hanya berbicara panjang soal kasusu-kasus pelanggaran yang terjadi, tanpa adanya penyelesaian kasus secara tuntas. Salahs satu persoalan yang tak kunjung usai adalah soal karut-marut daftar pemilih tetap (DPT) dan penindakan praktik ‘money politic’.

“Kasus DPT misalnya, tak jelas apa dan mengapa sehingga hasil DPT jadi  compang camping. Siapa yang tidak  tepat menyusun DPT dan mengapa itu bisa terjadi? Mereka  juga seperti tidak punya minat untuk menyusuri mengapa total surat suara dicetal, dimusnahkan, didistribusikan, tertukar, dan rusak. Apakah ini terjadi secara alami atau rekayasa. Dan ini tak pernah diumumkan Bawaslu,” tutup Ray. (PN/Marc/Jal)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.