Home Nasional Analis Politik : Setelah PPP, PKS diprediksi Bakal Merapat ke Gerindra

Analis Politik : Setelah PPP, PKS diprediksi Bakal Merapat ke Gerindra

0

umar_S_ bakry

POROSNEWS.COM – Meskipun belum menentukan sikap terkait pemilu presiden (pilpres) Direktur eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S. Bakry memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal merapat ke partai Gerindra.

Menurut Umar antara PKS dan Gerindra memiliki kedekatan ideologis dan garis perjuangan sama.  Selain itu, antara pemimpin Gerindra dan PKS mempunyai ikatan emosional kuat dimasa lalu.

“Secara ideologis PKS lebih cocok dengan  Gerindra. Tapi  jika pertimbangan-pertimbangan  pragmatis terlalu menonjol PKS cenderung ke PDIP,” kata Umar saat dihubungi PorosNews.Com, Jakarta, Jum’at (18/4).

Sementara itu, analis politik Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI) Aendra Medita menyatakan hal serupa. Baginya pilihan logis dan masuk akan bagi PKS adalah merapatkan barisan ke Partai Gerindra.

Jika PKS bergabung dengan Gerindra, maka dipastikan koalisi Indonesia Raya akan semakin cepat terwujud. Dan PKS dipastikan bakal dapat jatah kursi di parlemen.

“Itu pilihan paling realistis. Kalau PKS merapat ke PDIP dan minta jatah cawapres, tidak akan bisa. Karena sudah ada orang yang bakal mendudukinya, dan yang jelas bukan dari kader PKS,” kata Aendra saat dihubungi terpisah.

Lebih lanjut, direktur eksekutif Citra Survei Indonesia (CSI) tersebut menambahkan, saat ini satu-satunya tokoh yang bisa menandingi nama besar Joko Widodo hanya Prabowo Subianto.

Namun untuk maju bertarung dan memenangkan pilpres bukan perkara mudah. Prabowo lanjut Aendra harus merangkul partai-partai politik, khususnya partai Islam.

“Kalau Prabowo, bisa gandeng, PKS, PAN dan PKB. Maka saya yakin tidak mustahil Prabowo akan keluar sebagai pemenang dalam pilpres,” tutupnya. Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.