Home Nasional Cari Selamat, PKB Gandeng Partai Nasionalis Jadi Mitra Koalisi

Cari Selamat, PKB Gandeng Partai Nasionalis Jadi Mitra Koalisi

0

lambang_pkb_POROSNEWS.COM – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar mengatakan, partainya akan memilih parpol berbasis nasionalis dibandingkan agamis sebagai rekan koalisi menjelang Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli nanti.

“Alasannya, belum ada figur yang mampu dan mau menjadi kandidat capres atau cawapres dalam kerangka partai-partai berbasis Islam,” ujarnya dalam rilis yang diterima PorosNews.com di Jakarta, Jumat (18/4).

Kalau pun mau dipaksakan koalisi parpol Islam, sambungnya, belum tentu mampu figur yang diusung. Begitu pula sebaliknya, Karena itu, dia menyebut sekarang kondisinya dilematis.

“Alasan berikutnya, belum ada tokoh-tokoh Islam yang punya elektabilitas dan popularitas tinggi dan bisa bersaing dengan tokoh-tokoh partai nasionalis,” jelasnya. “Sementara waktu untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas sangat mepet,” imbuh Anggota Komisi V DPR ini.

Selain masalah figur, Marwan menerangkan, masalah finansial menjadi catatan lain sulitnya membentuk poros Islam kembali. Sebab, biaya kampanye sangat tinggi, baik untuk sosialisai, iklan, kunjunggan ke daerah-daerah, membentuk relawan dan tim sukses. “Semuanya itu butuh biaya tinggi,” tegas politikus asal Pati ini.

Diketahui, kemarin (17/4) malam, sejumlah elit parpol dan ormas Islam menggelar pertemuan di kediaman Hasyim Ning, bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Mereka membahas mengenai kemungkinan kembalinya dibentuk koalisi parpol Islam jilid II, sebagaimana yang pernah dibentuk pada 1999 silam dan dikenal sebagai Poros Tengah. FHS/ Darmo Gandul

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.