Home Nasional Hatta Rajasa Jadi Tokoh Pemersatu Islam, Mungkinkah?

Hatta Rajasa Jadi Tokoh Pemersatu Islam, Mungkinkah?

0

hatta rajasa

POROSNEWS.COM – Meskipun perolehan suara partai Islam dalam pemilu legislatif (pileg) yang digelar tanggal 9 April 2014 lalu mengalami peningkatan. Namun sebagai kekuatan politik partai politik berbasis Islam belum mampu dan sanggup mengusung calon presiden (capres) nya sendiri.

Menanggapi hal tersebut, analis Politik Universitas Bung Karno (UBK) Reza Hariyadi merespon positif wacana ‘Koalisi Indonesia Raya’ yang dicetuskan Ketua Majelis Pertimbangan Partai DPP Partai Amanat Nasional (MPP DPP PAN) Amien Rais beberapa waktu lalu.

Bagi Reza wacana koalisi yang digemakan salah seorang bapak reformasi tersebut dipandang sebagai upaya partai dan umat Islam untuk memperoleh dan mendapat posisi tawar tinggi dalam pemerintahan.

“Saya  kira bargaining lebih tepat, terutama untuk cawapres maupun formasi kabinet. Meski partai-partai  Islam menunjukan peningkatan perolehan suara, namun persoalan elektabilitas pilpres lebih banyak didominasi oleh kandidat dari partai-partai nasionalis,” kata analis politik yang juga alumnus Universitas Gajah Mada saat ditanya PorosNews.Com, Jakarta, Jum’at (18/4).

Ketika dikonfirmasi siapa tokoh Islam yang berpotensi kuat untuk maju dan didudukkan sebagai cawapres. Secara tegas Reza menilai sosok Hatta Rajasa yang juga Ketua Umum DPP PAN sebagai tokoh yang paling kompeten.

“Hatta Rajasa saya   kira punya peluang lebih besar daripada Anis Matta. Selain sangat memungkinkan untuk menarik dukungan dari warga Muhamadiyah, elektabilitas PAN juga cukup tinggi,” tutup Reza. Marcopolo.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.