Home Nasional Koalisi Indonesia Raya, Strategi Cantik Tingkatkan Posisi Tawar Partai Islam

Koalisi Indonesia Raya, Strategi Cantik Tingkatkan Posisi Tawar Partai Islam

0

Koalisi_partai Islam

POROSNEWS.COM – Analis politik Universitas Bung Karno (UBK) Reza Hariyadi menyambut baik wacana koalisi ‘Indonesia Raya’ yang disuarakan oleh mantan Ketua MPR RI Amien Rais beberapa waktu lalu.

Bagi Reza, jika pembentukan Koalisi Indonesia Raya dijadikan sebagai kendaraan politik untuk mengusung calon presiden (capres) sendiri maka hal tersebut sangat tidak mungkin. Sebab dalam sejarahnya Partai Islam tidak pernah bersatu sebagai kekuatan ideologis dan tidak punya figur pemersatu.

“Kemungkinan besar justru isu koalisi Indonesia Raya digunakan untuk meningkatkan bargaining dengan partai besar yang telah memiliki kandidat Capres,” kata Reza saat dihubungi PorosNews.Com, Jakarta, Jum’at (18/4).

Lebih lanjut mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) menambahkan, sebagai seorang politisi kawakan tentu saja Amien Rais memahami isu-isu nasional dan peta politik nasional.

Amien, lanjut Reza amat paham bahwa karakteristik pemilih semakin inklusif dan isu-isu primordial seperti agama tidak akan memberikan pengaruh signifikan untuk mendulang suara dalam ajang pemilu presiden mendatang.

“Saya kira bargaining lebih tepat, terutama untuk cawapres maupun formasi kabinet,” tutup Reza. (PN/Mar).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.