Home DUNIA Pelebaran Tepi Barat Jordan, Inggris Kecam Israel

Pelebaran Tepi Barat Jordan, Inggris Kecam Israel

0

menlu inggrisPOROSNEWS.COM  – Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, Kamis (17/4), mengecam langkah Israel baru-baru ini untuk mengembangkan permukiman di Tepi Barat, dan menegaskan perundingan adalah satu-satunya cara bagi perdamaian.

“Inggris mengutuk keputusan yang diambil oleh Pemerintah Israel untuk mengubah status banyak wilayah di seluruh pos depan permukiman tidak sah Netiv Haavot dan menciptakan permukiman baru di Al-Khalil (Hebron),” kata Hague di dalam satu pernyataan.

Pernyataannya dikeluarkan setelah Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon, Minggu (13/4), menyetujui keluarga pemukim Yahudi untuk pindah ke satu gedung kontroversial di Kota Tua Al-Khalil di Tepi Barat Sungai Jordan.

Israel juga telah mengumumkan lahan seluas 243 acre di Blok Permukiman Gush Etzion di Tepi Barat sebagai tanah milik negara, kata media Israel.

Tindakan itu akan mengizinkan Israel memperluas permukiman di blok tersebut dan juga meliputi pos terdepan tidak sah yang diberi nama Nativ Haavot, yang akan membuatnya “sah” di tengah pengumuman itu.

Nativ Haavot adalah pos depan tidak sah Yahudi, yang dibangun pada 2001 di lahan pribadi orang Palestina dan sekarang menjadi tempat tinggal 50 pemukim Yahudi.

“Permukiman tidak sah dan penghalang bagi perdamaian, dan keputusan ini diambil dari upaya yang berlangsung guna mewujudkan penyelesaian dua negara bagi konflik Israel-palestina,” kata Hague, sebagaimana dikutip Xinhua.

Menteri Luar Negeri Inggris tersebut mengatakan satu-satunya jalan bagi perdamaian di wilayah itu adalah melalui perundingan.

Babak pembicaraan perdamaian saat ini antara Israel dan Palestina, yang dimulai pada Juli lalu dan ditetapkan berakhir pada 29 April, macet akibat penolakan Israel untuk membebaskan kelompok terakhir tahanan Palestina, memperluas permukiman serta permintaan Palestina untuk bergabung dengan 15 konvensi internasional dan PBB. (PN/YO/ANT)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.