Home Nasional Inilah Alasan PKB Tak Merapat ke Gerindra

Inilah Alasan PKB Tak Merapat ke Gerindra

0

lambang_pkb_POROSNEWS.COM – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S. Bakry memprediksi mayoritas partai politik Islam akan bergabung dengan poros koalisi yang diinisiasi oleh Partai Gerindra.

Setelah PPP, Umar memperidiksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi bakal merapat dan takhluk dalam genggaman Prabowo Subianto. Sementara untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi bakal sulit bergabung dengan Mantan Danjen Kopassus tersebut.

“Dari empat partai Islam yang kemungkinan lolos PT, tampaknya hanya PKB yang tidak akan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Ada dua penyebab utama mengapa peluang PKB bergabung dengan Partai Gerindra sangat kecil,” kata Umar melalui keterangan pers yang diterima PorosNews.com, Jakarta, Ahad (20/4).

Lebih lanjut Sekretaris Jenderal Asosiasi Riset dan Opini Publik Indonesia (AROPI) itu menambahkan, ada dua alasan yang menyebabkan PKB bergabung dengan mantan Pangkostrad tersebut.

Alasan pertama adalah,
keberadaan Yenny Wahid (putri almarhum Abdurahman Wahid)  di belakang Prabowo Subianto akan menjadi penghambat bergabungnya PKB Muhaimin Iskandar dengan Partai Gerindra. Sebab antara Yenny dan Muhaimin terdapat perbedaan persepsi yang sulit dijembatani. Atas dasar itulah, PKB berpeluang kecil untuk merapat ke Partai Gerindra.

“Kedua, karena merasa menjadi partai terbesar di kalangan partai-partai berbasis massa Islam, PKB pasti mengsyaratkan posisi cawapres jika ditawari koalisi dengan Partai Gerindra. Tuntutan ini belum tentu dikabulkan Prabowo,” tutup dosen disalah satu perguruan tinggi di Jakarta tersebut. | Marcopolo

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.