Home Nasional Daerah Pileg 2014 : PPP Raih 8 Kursi DPRD Provinsi Banten

Pileg 2014 : PPP Raih 8 Kursi DPRD Provinsi Banten

0

 

ppp_lambang_ 9

POROSNEWS.COM – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Banten setidaknya dapat bernafas lega. Betapa tidak, pada pemilu legislatif (pileg) yang berlangsung pada tanggal 9 April lalu, partai politik berlambang Ka’bah tersebut mengalami peningkatan perolehan kursi di provinsi paling barat pulau Jawa tersebut.

Menurut pengurus DPW Provinsi Banten, Rapih Herdiansyah, PPP  berhasil meraih 8 kursi  di DPRD Provinsi Banten pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014-2019.

“Alhamdulilah, kita dapat 8 kursi  berdasarkan suara yang didapat caleg di 8 kota dan kabupaten di Banten,” kata Rapih, Minggu (20/4).

Ditambahkan Rapih, pada pileg tahun ini, perolehan suara PPP di Banten mengalami peningkatan. Perolehan suara tersebut jika dikonversi akan menghasilkan kursi parlemen.
Pada Pemilu Legislatif 2009-2014, PPP hanya mendapatkan 5 kursi dan pileg tahun ini, PPP berhasil mendapatkan 8 kursi.

“Tahun ini jadi bertambah tiga kursi. Caleg PPP untuk tingkat DPRD Banten, yang tidak mendapat kursi yakni di Cilegon dan Kabupaten Lebak,” tutupnya.

Untuk diketahui, alokasi kursi DPRD Provinsi Banten yang tersedia pada pileg tahun ini sebanyak 85 kursi DPRD dan tersebar di 10 daerah pemilihan.

Alokasi kursi tersebut didasarkan pada jumlah penduduk Provinsi Banten, berdasarkan data data agregat kependudukan per kecamatan (DAK 2) adalah sebanyak 9,938,820 jiwa. Sesuai UU No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Pasal 10 ayat (2), bahwa untuk anggota DPDR Provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 9 juta hingga 11 juta jiwa, alokasinya sebanyak 85 kursi.

Sumber ; Kabar Tangsel – Darmo Gandul

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.