Home Nasional Hukum ICW Temukan Peningkatan Praktik ‘Money Politic’ Pemilu

ICW Temukan Peningkatan Praktik ‘Money Politic’ Pemilu

0

politik uang kartunPOROSNEWS.COM  – Praktik ‘money politic’ terus mengalami peningkatan di setiap hajat pemilu. Pasca reformasi, penggunaan politik uang masih menjadi andalan bagi caleg untuk mendulang dan memperoleh dukungan suara dari rakyat.

Demikian salah satu kesimpulan dari diskusi politik yang diadakan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW), Perkumpulan Untuk Demokrasi (Perludem), di bilangan Jakarta Pusat, Senin (21/4).

“Politik uang dari pemilu ke pemilu terus mengalami peningkatan tahun pada pemilu tahun 1999 terjadi 62 kasus, kemudian pada pemilu 2004 terjadi 113 kasus, pada pemilu 2009 meningkat menjadi 150 kasus. Dan pada pemilu 2014 terjadi 313 kasus,” kata peneliti ICW Donald Faridz saat diskusi berlangsung.

Ditambahkan Donald selain menggunakan ‘money politic’ para caleg juga kerap menggunakan metode lain dalam mendongkrak perolehan suara. Di antaranya adalah, pelibatan aparatur sipil, penggunaan kendaraan dinas untuk berkampanye dan penggunaan fasilitas negara dan ibadah untuk berkampanye.

“Kasus penggunaan kendaraan dinas untuk berkampanye paling banyak dan mencapai 20 kasus,” jelas Donald.

Untuk diketahui, ICW sendiri melakukan  pemantauan di 15 Provinsi dengan pemantau sebanyak 15 orang di daerahnya. Pemantauan dilakukan selama masa kampanye, masa tenang dan hari ‘H’ pencoblosan. Fokus isu pemantauan pemberian uang, pemberian barang, pemberian jasa dan penggunaan aparatur negara dalam pencalegan. (PN/DAR/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.