Home Nasional KPU Pastikan Siap Pantau Kecurangan Pemilu Hingga Level Bawah

KPU Pastikan Siap Pantau Kecurangan Pemilu Hingga Level Bawah

0

pemilu curang_1POROSNEWS.COM  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku terus bekerja dan berusahan ektra keras dalam menjaga dan mengawal hasil rekapitulasi suara.

Komisioner KPU RI Divisi Humas Data dan Informasi, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, pihaknya akan memantau rekapitulasi penghitungan suara agar berlangsung secara adil dan memastikan tidak ada penggelembungan suara saat proses rekapitulasi dilakukan secara berjenjang.

“Kalau misal ada salah satu kasus di salah satu daerah, karena penggelembungan, nanti kita akan cek sampai ke dalam. Harus dikoreksi sampai tingkat yang paling bawah,” kata Ferry dikantornya, Senin (21/4)

Komisi Pemiliham Umum (KPU) pusat sendiri, telah menargetkan, proses penghitungan suara itu harus selesai. Karena pada 26 April, KPU akan melakukan rekapitulasi secara nasional.

“Kita tinggal lihat proses rekap ditingkat bawahnya. Kalau harus buka C1 (formulir rekapitulasi) plano, ya kita buka C1 planonya. Untuk meyakinkan bahwa prosesnya sesuai dengan yang di TPS-TPS,” tandasnya.

Untuk diketahui, proses rekapitulasi penghitungan suara saat ini sudah pada tahap KPU Kabupaten atau Kota. Dan pada tanggal 23 sampai dengan 24 April nanti, akan sampai pada tingkat KPUD Tingkat Provinsi. Setelah itu, pada tanggal 9 Mei nanti, KPU RI akan mengumunkan sekaligus menetapkan perolehan suara para caleg DPR RI dan DPD. (PN/DARMO/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.