Home EKONOMI Bisnis Petani Tasikmalaya Keluhkan Anjloknya Harga Cabai Merah

Petani Tasikmalaya Keluhkan Anjloknya Harga Cabai Merah

0

CABE MERAHPOROSNEWS.COM – Harga cabai merah di tingkat petani di Tasikmalaya turun drastis ke kisaran Rp6.000/kg, hingga membuat petani merugi dan beralih ke jenis tanaman lain.

Petani cabai merah di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahmad Yani mengatakan, harga menurun terjadi sejak tiga minggu yang lalu. Padahal menurutnya, pasokan tidak terlalu melimpah. Justru produksi cenderung menurun akibat cuaca ekstrem serta hama cabai.

“Harga sedang jelak. Hanya Rp6.000/kg. Sebelumnya memang harga tidak terlalu bagus, hanya Rp7.000/kg,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (21/4/2014).

Yani menambahkan, dirinya tidak mengatahui persis penyebab turunnya harga tersebut. Sementara petani tidak bisa berbuat banyak, meski mereka mengalami kerugian. Jika dihitung kerugian kata dia, bisa melebihi 50% dari biaya produksi yang diperparah dengan buah cabai yang kurang baik.

Dalam kondisi normal, satu hektare lahan bisa menghasilkan 15 ton cabai dalam satu siklus tanam atau 1 kg dari setiap pohonnya. Saat ini, paling untung, dari satu pohon satu siklus tanam hanya menghasilkan tiga ons cabai.

“Akibat harga merosot dan produksi menurun, kerugian bisa mencapai Rp50 juta,” ungkapnya.

Dia khawatir, musim tanam berikutnya tidak bisa menanam cabai secara maksimal. Petani sudah habis modal akibat musim panan ini merugi. Untuk sementara, para petani menanam tanaman yang biayanya murah, misalnya buncis, mentimun atau jenis palawija.

“Dengan kondisi seperti ini, petani sulit lagi kalau mau tanam cabai. Untuk produktivitas lahan, kami akan menanam terlebih dahulu tanaman yang tidak membutuhkan modal besar,” katanya. (PN/JAL/BSJ)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.