Home Nasional Kriminal Polri Geram Dibilang Tidak ‘Becus’ Amankan Pemilu

Polri Geram Dibilang Tidak ‘Becus’ Amankan Pemilu

0

ronie sompiePOROSNEWS.COM  – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Ronny Franky Sompie menyarankan kepada Indonesia Police Watch (IPW) agar lebih fair dalam membuat penilaian terhadap pelaksanaan pemilu legislatif, khususnya dari segi pengamanan yang dilakukan oleh Polri.

“Polri tidak  bekerja sendirian dalam pengamanan Pileg. Artinya, IPW perlu melihat latar belakang amuk massa dan pembakaran surat suara yang  terjadi, sehingga bisa mengetahui mengapa hal tersebut terjadi,” kata perwira tinggi bintang dua tersebut saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (21/4).

Lebih lanjut pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 17 September 1961 menambahkan, secara umum pelaksanaan pileg tahun 2014 lebih baik dari pemilu 2009 dan 2004. Bahkan hal tersebut diakui sendiri oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu.

Sementara itu, terkait adanya 7 kasus pembakaran terkait pelaksanaan pileg, mantan Kapolres Sidoarjo tersebut menilai, argumentasi yang disampaikan IPW sangat mentah dan tidak sebanding dengan keberhasilan Polri dalam mengamankan 545.803 TPS yang dilakukan oleh 450 Kapolres seluruh Indonesia.

Kalau kita hitung secara matematika, 7 kasus kebakaran yang terjadi, terdiri dari 2 kasus di desa, 4 kasus di Kecamatan dan 1 di KPUD Kab (bukan terkait Pemilu Legislatif), tidak sebanding dengan Pengamanan yang telah dilakukan oleh 450 Polres se-Indonesia.

Prosentase kegagalan penyelenggaraan Pemilu tidak sampai 1 % dari jumlah TPS yang  tergelar untuk menyelenggarakan Pileg. Mungkin perlu dievaluasi kembali oleh IPW cara menghitung kegagalan penyelenggaraan Pemilu yg berkaitan dengan pengamanan Pemilu legislatif.

“Bukan hanya melihat jumlah kejadian yang  terjadi, tetapi mengevaluasi semua indikator keberhasilan Penyelenggaraan Pemilu, sehingga mendapatkan hasil yang  signifikan,” tutup alumnus Akpol tahun 1984 tersebut. (PN/Darmo/GUS)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.