Home Nasional Analis : PKB Harus Jadi Motor Penggerak Koalisi Partai Islam

Analis : PKB Harus Jadi Motor Penggerak Koalisi Partai Islam

0

cak imin_PKB_ Prof Rhoma

POROSNEWS.COM – Direktur Eksekutif Indostrategi Research and Consulting, Andar Nubowo menyarankan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menggalang dukungan koalisi parpol Islam, lantaran dalam Pemilu Legislatif (Pileg), tanggal 9 April 2014 lalu perolehan suara PKB unggul diantara partai politik Islam lain.

“Sebagai partai ‘pemenang’ di kalangan partai Islam, PKB sebaiknya mengambil inisiatif koalisi dan menjadi pemimpin partai-partai Islam untuk memunculkan capres-cawapresnya sendiri,”

Bila koalisi tersebut kelak terbentuk, Andar berkeyakinan, PKB dapat merealisasikan janji politiknya terdahulu, yakni mengajukan satu dari tiga nama sebagai capres.

“Ini kesempatan besar PKB untuk mengambil momentum politik kedua pasca terpilihnya Gus Dur sebagai presiden dari Poros Tengah (pada Pemilu 1999),” jelas dosen UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini.

Kalaupun koalisi yang dipimpinnya tersebut gagal dalam Pilpres nanti, dia mengingatkan, PKB masih bisa tetap berada di pemerintahan dan membangun investasi politik ke depan sebagai oposisi.

“Namun, peran penting PKB tergantung bagaimana PKB dapat mengatasi ketidak-pede (percaya diri, red)-an untuk memimpin poros strategis dan dapat mengtasi dinamika politik internal di PKB terkait Pilpres mendatang,” pungkas Andar. FH/Marcopolo

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.