Home Nasional Hukum Hore …! DKPP Bisa Gelar Sidang Jarak Jauh di Tempat Sendiri

Hore …! DKPP Bisa Gelar Sidang Jarak Jauh di Tempat Sendiri

0

dkpp_1

POROSNEWS.COM – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam rangka penegakan hukum pelaksanaan pemilu. Kali ini, lembaga penegak kode etik pemilu tersebut  bakal bisa menggelar sidang jarak jauh atau video conference di Ruang Sidang DKPP sendiri, Jalan MH Thamrin No. 14.

Rencananya  majelis sidang berada di Ruang Sidang DKPP, pihak Teradu atau pun Pengadu berada di Sekretariat Bawaslu Provinsi termasuk juga Tim Pemeriksa Daerah.  Di Ruang Sidang DKPP dilengkapi dengan dua unit televisi berwarna pabrikan Korea ukuran 42 inchi yang menghadap ke majelis, kamera avaya dengan resolusi full HD. Jaringan terkoneksi dengan server Bawaslu RI. 

Sekretariat Biro Administrasi DKPP telah melakukan uji coba peralatan video jarak jauh yang berada di Ruang Sidang DKPP dengan jaringan yang terkoneksi dengan peralatan video jarak jauh yang ada di sekretariat Bawaslu Sumatera Utara, Sekretariat Bawaslu Aceh, Sekretariat Bawaslu Lombok, tadi sore (21/4) pukul 15.00. Hasilnya, kualitas gambar yang jelas dan kualitas suara yang jernih.

“Kualitas gambarnya bagus, dan suaranya jernih,” kata Bonar Hadi, staf humas Bawaslu Provinsi Lombok diamini Rudi, staf sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Utara saat ditanya mengenai kualitas gambar dan kualitas suara oleh Soleh, Kasubag Pemanggilan Sekretariat Administrasi Biro DKPP.

Begitu pun saat uji coba peralatan video conference di sekretariat Bawaslu Provinsi Aceh. Uji coba ini sekaligus untuk mengecek kesiapan sidang jarak jauh pertama yang dilakukan DKPP berserta Tim Pemeriksa Daerah, dengan pihak Teradu Dedy Staria dan pihak Pengadu Muklir di Ruang Sidang DKPP Besok (22/4).

Untuuk diketahui sebelumnya, untuk menggelar sidang jarak jauh DKPP menggunakan peralatan dan tempat dari Kejaksaan Agung dan Mabes Polri. Majelis sidang berada di Mabes Polri sedangkan pihak Teradu maupun Pengadu berada di Mapolda atau Kajati. Namun lembaga pimpinan Jimly Asshiddiqie tersebut terus melakukan inovasi dan pembenahan struktur internal DKPP, termasuk didalamnya perbaikan kemudahan dan perlengkapan fasilitas dalam persidangan. Marcopolo

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.