Home Nasional IPI : Koalisi Partai Islam Sulit Terwujud, Ini Alasannya

IPI : Koalisi Partai Islam Sulit Terwujud, Ini Alasannya

0

karyono_wibowo_1

POROSNEWS.COM – Hingga kini partai politik terus melakukan lobi-lobi politik untuk membentuk poros koalisi dalam menghadapi pemilu presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli mendatang, termasuk didalamnya partai politik berbasis massa Islam.

Menanggapi hal tersebut analis politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai  ada beberapa kendala serius yang menyebabkan wacana koalisi Islam sulit terwujud. Beberapa kendala itu, kata Karyono adalah, tidak mudahnya menyatukan blok-blok koalisi partai-partai Islam yang tentunya memiliki mazhab yang berbeda-beda.

“Mazhab parpol islam itu sendiri tentu menjadi permasalahan. Dan masalah yang kedua adalah tentu kepentingan parpolnya masih menonjol, dibandingkan dengan menyatukan visi dan persepsinya,” kata Karyono.

Problematika lain yang diperkirakan juga akan mencuat adalah, tidak adanya tokoh-tokoh dari kalangan islam saat ini yang elektabilitasnnya cukup mumpuni untuk menyangi elektabilitas Jokowi maupun Prabowo.

“Kalau saya liat saat ini belum ada tokoh islam yang mumpuni dari sisi elektabilitas. Din Syamsuddin dan Amin Rais juga saya rasa belum mampu jelas alumnus Universitas Gajah Mada tersebut.

Masih kata Karyono, jika wacana koalisi partai politik dengan basis massa Islam bisa terwujud maka hal tersebut dipandang sebagai sebuah kejutan sekaligus eksperimen politik pasca reformasi. Pasalnya koalisi partai-partai islam itu tentunya jika digabungkan maka akan menjadi suara yang cukup signifikan.

“Partai-partai itu kalau dikumpul, itu suaranya bisa diatas 32 persen. Itukan sudah bisa diatas presidential treshold (PT). Dan bisa mengusung pasangan capres dan cawapres sendiri,” tutupnya. Marcopolo. 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.